15. IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGELOLAAN KINERJA GURU (Studi Kasus Pengelolaan Kinerja Guru di SMAN 8 Kota Tasikmalaya)

Authors

  • Reni Heryani STIA YPPT Priatim Tasikmalaya

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas kebijakan manajemen kinerja guru di SMAN 8 Kota Tasikmalaya. Lebih khusus lagi, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi penerapan kebijakan ini, menganalisis dampaknya terhadap kinerja guru, dan mengusulkan rekomendasi untuk memperbaiki sistem saat ini. Tujuan sekundernya meliputi mengeksplorasi persepsi guru tentang kebijakan ini dan mengkaji tantangan yang dihadapi selama penerapannya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan studi kasus. Teknik pengumpulan data mencakup wawancara semi-terstruktur dengan para guru dan administrator. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan pendekatan tematik, di mana respons dikodekan untuk mengidentifikasi pola berulang dan tema yang muncul. Analisis kualitatif ini menafsirkan persepsi dan pengalaman peserta mengenai implementasi kebijakan pengelolaan kinerja guru. Hasilnya menunjukkan bahwa meskipun kebijakan tersebut berhasil dilaksanakan, beberapa tantangan masih ada, termasuk kurangnya pelatihan yang memadai bagi guru dan faktor komunikasi yang tidak memadai antara administrasi sekolah dan staf pengajar. Guru sering kali merasa tidak yakin tentang kriteria penilaian yang digunakan. Kesimpulan penelitian ini direkomendasikan agar administrasi sekolah memperkuat upayanya dalam melanjutkan pendidikan dan meningkatkan transparansi dalam proses evaluasi untuk mengoptimalkan dampak positif yang diharapkan terhadap kinerja guru.

Kata kunci: Implementasi kebijakan, kinerjra guru.

Abstract

The primary objective of this study is to assess the effectiveness of teacher performance management policies in SMAN 8 Tasikmalaya City. More specifically, this study aims to identify factors influencing the implementation of this policy, analyze its impact on teacher performance, and propose recommendations to improve the current system. Secondary objectives include exploring teachers’ perceptions of this policy and examining the challenges encountered during its implementation. The research uses a qualitative approach using case studies. Data collection techniques included semi-structured interviews with teachers and administrators. The data collected were analyzed using a thematic approach, where responses were coded to identify recurring patterns and emerging themes. This qualitative analysis interprets participants’ perceptions and experiences regarding the implementation of teacher performance management policies. The results show that although the policy has been successfully implemented, several challenges remain, including lack of adequate teacher training and inadequate communication factors between school administration and teaching staff. Teachers often feel uncertain about the evaluation criteria used. The conclusion of this study recommends that the school administration strengthen its efforts in continuous training and increase transparency in the evaluation process in order to optimize the expected positive impact on teacher performance.

Keywords: policy implementation, teacher performance.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daftar Pustaka

Agus, E. P. dan D. R. S. (2012). Implementasi Kebijakan Publik.Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Gava Media.

Agustino, L. (2008). Dasar- dasar Kebijakan Publik. Alfabeta.

Andriansyah, & Fauzi, D. M. (2022). Konsep dan Implementasi Kebijakan Publik. Moestopo Publishing.

Creswell, J. W. (2014). Research design pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Pustaka Pelajar.

Donot S., 2016. Implementasi Manajemen Penilaian Kinerja Guru di SMP Negeri 2 Mesuji. Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung.

Dunn, W. N. (2003). Pengantar Studi Penelitian Kebijakan. Balai Aksara.

Hari Suprayogo, dkk. 2020. Implementasi Penilaian Kinerja Guru (PKG) Dalam Peningkatan Profesionalisme Guru. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Islamy, I. (2004). Prinsip-Prinsip Perumusan Kebijaksanaan Negara. Sinar Grafika.

Jones, C. (1994). Pengantar Kebijakan Publik. Raja Grafindo Persada.

Kusnandar, I. (2012). Analisis Kebijakan Publik. Multazam.

Miles, M. B. & A. M. H. (2009). Analisis Data Kualitatif. UI-Press.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Nugroho, R. (2017). Public Policy: Dinamika Kebijakan, Analisis Kebijakan, dan Manajemen Politik Kebijakan Publik. In Jakarta: Elex Media Komputindo. https://doi.org/10.1017/S0033291702006190

Peraturan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan No. 7607/B.B1/HK.03/2023 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Kinerja Guru.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 6 Tahun 2022 tentang Pengelolaan Kinerja Pegawai Aparatur Sipil Negara.

Peraturan Menteri PANRB No. 1/2023 merupakan penyempurnaan PermenPANRB No. 13/2019 tentang Pengusulan, Penetapan, dan Pembinaan Jabatan Fungsional Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Rusdiono Muryanto, 2021. Implementasi Kebijakan Penilaian Kinerja Guru Untuk

Peningkatan Mutu Pembelajaran Studi Hasil Evaluasi Implementasi Kebijakan PKG pada 3 Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Cianjur. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Rusli, B. (2015). Kebijakan Publik Membangun Pelayanan Publik yang Responsif. Hakim Publishing.

Santosa, P. (2009). Administrasi Publik. Refika Aditama.

Silalahi, U. (n.d.). Pemahaman Praktis Asas-asas Manajemen. Mandar Maju.

Subarsono, A. G. (2005). Analisis Kebijakan Publik Konsep, Teori dan Aplikasi. Pustaka Pelajar.

Suryaningrat, B. (1992). Pemerintah Administrasi Desa dan Kelurahan. Rineka Cipta.

Wahab, A. S. (2008). Analisis Kebijaksanaan, Dari Formulasi Ke. Implementasi Kebijaksanaan Negara. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2025-01-26

How to Cite

15. IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGELOLAAN KINERJA GURU (Studi Kasus Pengelolaan Kinerja Guru di SMAN 8 Kota Tasikmalaya). (2025). Jurnal Ilmiah Koordinasi, 3(02), 87-92. http://jurnal.stia-tasik.ac.id/index.php/koordinasi/article/view/65