07. PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IPHONE 11

Authors

  • Iman Firmasyah STIA YPPT Priatim Tasikmalaya

Abstract

ABSTRAK

Proses pengambilan keputusan seseorang dalam membeli suatu barang atau jasa disebut dengan keputusan pembelian. Setiap bisnis sangat memperhatikan pengambilan keputusan pembelian karena keputusan yang baik dapat menghasilkan peningkatan penjualan. Misalnya, perusahaan Apple Indonesia yang menjual produk ponsel dengan merek iPhone masih belum mampu mendominasi pasar ponsel Indonesia. Agar tetap kompetitif dan menguasai pasar Indonesia, Apple terus berupaya melakukan peningkatan kualitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 60 mahasiswa STTA YPPT Priatim Kota Tasikmalaya berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam pembelian produk iPhone 11 di Kota Tasikmalaya. Penelitian ini ditulis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan deskriptif. Berdasarkan hasil uji statistik hipotesis (uji t) dan (uji f), peneliti menemukan bahwa kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. Uji t menunjukkan taraf signifikansi kurang dari 0,05 dan r hitung lebih besar dari nilai r tabel. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Jika dinyatakan dalam persentase, pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 41,1% atau 0,441

Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Kualitas Produk

 

ABSTRACT

A person's decision-making process for purchasing a good or service is referred to as a purchasing decision. Every business is particularly concerned about making purchasing decisions because good decisions can lead to increased sales. For instance, the Indonesian Apple company that sells mobile phone products under the iPhone brand is still unable to dominate the Indonesian mobile phone market. In order to remain competitive and dominate the Indonesian market, Apple continues to strive for quality improvement. The purpose of this study is to determine whether the sample used in this study—60 students from STTA YPPT Priatim Tasikmalaya City—has an impact on consumers' decisions to purchase iPhone 11 products in Tasikmalaya City. This research was written using a quantitative and descriptive approach. Based on the results of the hypothesis statistical tests (t test) and (f test), researchers discovered that product quality influences consumer purchasing decisions. The t test revealed that the significance level was less than 0.05 and that the r count was higher than the value in the r table. It can be deduced from these results that H0 is rejected and H1 is accepted. When expressed as a percentage, the influence of product quality on purchasing decisions is 41.1%, or 0.441.

Keyword: Purchasing Decisions, Quality Produk

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Abdullah, M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. In Aswaja Pressindo.

Aldini Nofta Martini, Ahmad Feriyansyah, & Sella Venanza. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Oppo Di Kota Pagar Alam. Jurnal Aktiva : Riset Akuntansi Dan Keuangan, 2(3), 132–142. https://doi.org/10.52005/aktiva.v2i3.82

Alkemega, S., & Ramadhan, M. F. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Iphone (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bandar Lampung). Jurnal EMT KITA, 7(2), 462-472.

Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap

Harris, R. M., & Silvianita, A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Keputusan Pembelian Produk iPhone. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 1306-1310.

Hanaysha, J. R. (2022). Impact of social

media marketing features on consumer’s purchase decision in the fast-food industry: Brand trust as a mediator. International Journal of Information Management Data Insights, 2(2), 100102. https://doi.org/10.1016/j.jjimei.2022.100102

Herispon, H. (2022). Investigasi Penggunaan Merek Handphone Di Provinsi Riau (Pendekatan Rantai Markov). Eko Dan Bisnis, 13(3), 255-269. https://doi.org/10.36975/jeb.v13i3

Kotler, P., Wong, V., Saunders, J., & Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing.

Tomasowa, R. (2014). Kajian Ios Apps dalam Peningkatan Produktifitas Perancangan Arsitektur. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 5(2), 887-892.

Utami, M., Zalianti, R., Utami, P. K., & Adha, M. A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk, Dan Harga Produk Terhadap Kepuasan Pembelian Konsumen Brand Appel Iphone. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(1), 24-30.

Wicaksono, B. R. (2016). PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAYANAN INTERNET YANG DIMEDIASI OLEH MINAT BELI. In Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta (Vol. 5, Issue 1). Universitas Negeri Yogyakarta. https://revistas.ufrj.br/index.php/rce/article/download/1659/1508%0Ahttp://hipatiapress.com/hpjournals/index.php/qre/article/view/1348%5Cnhttp://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/09500799708666915%5Cnhttps://mckinseyonsociety.com/downloads/reports/Educa

Yudha, I. M. R. P. A., & Yulianthini, N. N. (2022). Pengaruh Lifestyle Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Iphone Di Kota Singaraja. Bisma: Jurnal Manajemen, 8(2), 438-446.

Downloads

Published

2025-02-02

How to Cite

07. PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IPHONE 11. (2025). Jurnal Ilmiah Koordinasi, 3(02), 37-42. http://jurnal.stia-tasik.ac.id/index.php/koordinasi/article/view/34