05. PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI COFFEESHOP WARTEL JALAN CINEHEL KOTA TASIKMALAYA

Authors

  • Fani Juniar STIA YPPT Priatim Tasikmalaya

Abstract

ABSTRAK

Internet semakin mempermudah akses terhadap segala bentuk informasi berkat perkembangan teknologi yang semakin pesat. Mempromosikan merek mereka kepada konsumen adalah industri yang sangat kompetitif, dengan begitu banyak perusahaan yang bersaing. Salah satu pendekatan periklanan yang dilakukan secara online adalah virtual entertainment showcasing, dimana salah satu panggung hiburan berbasis web yang dimanfaatkan adalah Instagram. Perusahaan dapat menggunakan Instagram untuk mempromosikan promosi dan produk mereka sendiri. Tujuan promosi adalah untuk menarik minat konsumen dan mendorong mereka untuk membeli produk dari perusahaan. Kajian ini diharapkan dapat mengetahui seberapa besar dampak tayangan hiburan virtual terhadap pilihan pembelian pembelanja di kedai kopi Wartel Jl. Cinehel Kota Tasikmalaya (wawancara @warung_tepirel di Instagram). Model regresi linier langsung digunakan dalam metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Strategi pemeriksaan yang digunakan adalah pengujian non-likelihood dengan jenis pemeriksaan purposive. Kuesioner, wawancara, observasi, dan tinjauan literatur merupakan metode pengumpulan data. Mengingat konsekuensi dari pemeriksaan yang diarahkan, besarnya dampak promosi hiburan virtual terhadap pilihan pembelian adalah 42,7% dan diamati bahwa H0 diabaikan dan H1 diakui, atau dengan demikian, ada dampak antara berbasis web iklan hiburan tentang pilihan pembelian secara keseluruhan atau mendasar. Sebagian

Kata kunci : Social Media Marketing, Keputusan Pembelian

 

ABSTRACT

The internet makes it increasingly simple to access all forms of information thanks to technology's rapid development. Promoting their brands to consumers is a highly competitive industry, with so many companies competing. One approach to advertising that is done online is virtual entertainment showcasing, where one of the web-based entertainment stages utilized is Instagram. Companies can use Instagram to promote their own promotions and products. The goal of the promotion is to pique consumers' interest and encourage them to buy products from the company. This examination expects to figure out how much impact virtual entertainment showcasing has on shopper buying choices at the Wartel coffeeshop Jl. Cinehel Tasikmalaya City (interview with @warung_tepirel on Instagram). A straightforward linear regression model is utilized in the quantitative research method with a descriptive research type. The inspecting strategy utilized is non-likelihood testing with purposive examining type. Questionnaires, interviews, observation, and literature reviews are all methods of data collection. In view of the consequences of the examination directed, the greatness of the impact of virtual entertainment promoting on buying choices was 42.7% and it was observed that H0 was dismissed and H1 was acknowledged, or as such, there was an impact between web-based entertainment advertising on buying choices altogether or fundamentally. Partial

Keywords : Social Media Marketing, Buying Decision

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Antasari, C., & Pratiwi, R. D. (2022). Pemanfaatan Fitur Instagram Sebagai Sarana Komunikasi Pemasaran Kedai Babakkeroyokan Di Kota Palu (Vol. 9, Issue 2).

Aldous, K. K., An, J., & Jansen, B. J. (2019, July). View, like, comment, post: Analyzing user engagement by topic at 4 levels across 5 social media platforms for 53 news organizations. In Proceedings of the International AAAI Conference on Web and Social media (Vol. 13, pp. 47-57).

Cuming, L. (2008). Engaging consumers online: The impact of social media on purchasing behaviour. DEI Worldwide.[Online].[Retreived April 4, 2011], Http://Www. Deiworldwide. Com/Files/DEIStudy-Engaging% 20ConsumersOnline-Summary. Pdf.

Johar, D. S., Kumadji, S., & Mawardi, M. K. (2015). Pengaruh AIDA (attention, interest, desire, action) terhadap efektifitas iklan online (survei pada pembeli di toko online adorable project). Jurnal Administrasi Bisnis, 26(1).

Lubiana, N. :, & Alamat, M. (1233). USA (2012-2013) 4. SMP Tarakanita 5 Jakarta (2007-2010) 5. SD An-Nisaa (2001-2007) III. Pengalaman Kepanitiaan 1. AIESEC Brawijaya sebagai Vice President of Business Development (Vol. 3).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Widyastuti, S. (2017). Manajemen komunikasi pemasaran terpadu: Solusi menembus hati pelanggan. Feb-Up Press.

Zusrony, E. (2021). Perilaku Konsumen Di Era Modern. Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik, 1–159.

website :https://data.goodstats.id/statistic/agneszefanyayonatan/7-kecelakaan-kereta-api-paling-mematikan-di-indonesia-gKaB1?utm_campaign=read%20infinite&utm_medium=infinite&utm_source=internal

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/10/10/15-media-sosial-terpopuler-dunia-juli-2023-facebook-kokoh-di-puncak

Downloads

Published

2025-02-02

How to Cite

05. PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI COFFEESHOP WARTEL JALAN CINEHEL KOTA TASIKMALAYA. (2025). Jurnal Ilmiah Koordinasi, 3(02), 25-30. http://jurnal.stia-tasik.ac.id/index.php/koordinasi/article/view/32